Lolos Degradasi Liga 2, Manajemen Bubarkan Tim PSPS Riau Musim 2023/2024

Lolos Degradasi Liga 2, Manajemen bubarkan Tim PSPS Riau Musim 2023/2024. Hasil Nusantara United vs PSPS 1-2, Askar Bertuah tetap bertahan di Liga 2 usai meraih 3 poin pada Babak Play-off Degradasi Liga 2 musim 2023/2024, Jumat (2/2/2024) pukul 15.30 WIB di Stadion Kebo Giro Boyolali, Jawa Tengah.

Lolos Degradasi Liga 2, Manajemen Bubarkan Tim PSPS Riau Musim 2023/2024
Lolos Degradasi Liga 2, Manajemen bubarkan Tim PSPS Riau Musim 2023/2024. Hasil Nusantara United vs PSPS 1-2, Askar Bertuah tetap bertahan di Liga 2 usai meraih 3 poin pada Babak Play-off Degradasi Liga 2 musim 2023/2024, Jumat (2/2/2024) pukul 15.30 WIB di Stadion Kebo Giro Boyolali, Jawa Tengah. FOTO: Instagram@pspsriau

WARTASULUH.COM, PEKANBARU – Lolos Degradasi Liga 2, Manajemen bubarkan Tim PSPS Riau Musim 2023/2024. Hasil Nusantara United vs PSPS 1-2, Askar Bertuah tetap bertahan di Liga 2 usai meraih 3 poin pada Babak Play-off Degradasi Liga 2 musim 2023/2024, Jumat (2/2/2024) pukul 15.30 WIB di Stadion Kebo Giro Boyolali, Jawa Tengah.

"Iya, tim semalam sudah dibubarkan. Pemain banyak yang dari Jawa, mereka langsung pulang ke rumahnya masing-masing. Ada yang balik pulang ke Pekanbaru juga," kata Chief Operating Officer (COO) PSPS Riau, Edward Riansyah, Minggu (4/2/2024).

Manajemen PSPS Riau juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras pemain, pelatih. 

"Terima kasih atas doa dan dukungan kita semua, kepada para pemain,  supporter, masyarakat Riau, Pekanbaru. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pembina PSPS Bapak Pj Wako Muflihun," katanya. 

Edward Riansyah berharap, di musim depan PSPS Riau bisa mempersiapkan tim lebih baik lagi, sehingga bisa berprestasi menuju Liga 1.

"Semoga musim depan kita bisa mempersiapkan tim jauh lebih baik lagi dan bisa berprestasi jauh dari musim sekarang," pungkasnya. 

PSPS Riau tetap bertahan di Liga 2 usai menang 2-1 atas Nusantara United dan meraih 3 poin pada Babak Play-off Degradasi Liga 2 musim 2023/2024, Jumat (2/2/2024) pukul 15.30 WIB di Stadion Kebo Giro Boyolali, Jawa Tengah.

Gol kemenangan PSPS dicetak Asir Aziz pada menit 7 dan Firman Septian pada menit 43. Sedangkan gol tunggal Nusantara United disarangkan Sansan Fauzi pada menit 90.

Hasil Nusantara United vs PSPS 1-2 itu membuat PSPS Riau menempati posisi kedua klasemen akhir Grup B Babak Play-Off Liga 2 Indonesia dengan skor 9 poin.

Sedangkan Nusantara United, meskipun kalah tetap berada di posisi puncak klasemen akhir Grup B Babak Play-Off Liga 2 Indonesia dengan skor 10 poin.

Dua tim lainnya, yaitu Persikab Kabupaten Bandung dan PSDS Deli Serdang harus terdegradasi ke Liga 3 Indonesia karena sama-sama hanya mengantongi poin 6 klasemen akhir Grup B Babak Play-Off Liga 2 Indonesia.

Hasil Persikab Bandung vs PSDS 3-3 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung pada hari yang sama, membuat keduanya hanya sama-sama mengantongi tambahan 1 poin.

Atas kemenangan PSPS Riau itu, pelatih PSPS Riau, Ridwan Saragih mengucapkan syukur karena PSPS tetap bertahan di Liga 2, sesuai harapan dirinya dan seluruh pemain, manajemen, supporter dan masyarakat Riau. 

Ridwan Saragih juga mengapresiasi semua pemain PSPS Riau yang sudah tampil maksimal, sehingga membuahkan kemenangan.

“Alhamdulillah, hari ini Allah memberikan hadiah bagi tim Askar bertuah dan warga Riau, akhirnya PSPS bertahan di Liga dua, alhamdulillah. Ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pemain saya, yang sudah bekerja keras kemudian kepada pembina walikota Pekanbaru, manajer edu, efendi, yang terus membangun sepakbola di Riau, semoga kedepannya tahun depan PSPS bisa lolos liga satu,” kata Ridwan Saragih.

Di babak pertama, gol cepat gelandang serang PSPS Riau, Asir Asiz di menit 7, membawa asa kemenangan bagi Askar Bertuah. 

Gol ini menjadi penyemangat PSPS untuk terus mempertahankan kemenangan. Walaupun tuan rumah beberapa kali berusaha untuk mengejar ketertinggalan 0-1, tidak membuat anak-anak asuh Ridwan Saragih menjadi lengah. 

Bahkan PSPS Riau menambah keunggulan menit ke 43, melalui gol cantik yang diciptakan oleh striker PSPS Firman Septian. 

Firman Septian berhasil memanfaatkan umpan krosing dan menerimanya dengan baik melalui heading, yang tidak dapat dijangkau oleh penjaga gawang Nusantara United, 0-2 PSPS unggul dibabak pertama. 

Memasuki babak kedua pelatih PSPS Riau, Ridwan Saragih merubah formasi bertahan agar untuk mempertahankan kemenangan dengan formasi 1-5-4-1. 

Formasi bertahan ini berhasil diterapkan hingga menit ke 89 Supardi Cs berhasil mempertahankan kemenangan. 

Namun memasuki menit ke 90 Nusantara United berhasil memperkecil kekalahan 1-2. Skor ini berakhir hingga wasit meniup peluit akhir.

“Alhamdulillah, semua ini atas izin Allah kemenangan hari ini dadi Allah. Dan juga berkat kerjasama semua pihak, pelatih pemain, manajemen, ini kemenangan untuk kita semua, seluruh masyarakat Pekanbaru dan Riau,” ujar kapten PSPS Riau Supardi. 

PSPS Riau masuk Grup B Babak Play Off Degradasi Liga 2 2023/2024 bersama PSDS Deli Serdang, Nusantara United dan Persikab Kabupaten Bandung. Babak play off degradasi dimulai pada 7 Januari 2024 hingga 17 Januari 2024.

Babak Play Off Degradasi terdiri dari 4 grup yang terdiri atas empat klub, yaitu yang berada di urutan peringkat 4 hingga 7 terbawah di papan klasemen masing-masing Grup Liga 2 2023/2024 yang akan memainkan sistem laga kandang tandang atau home away.

Dari laga tersebut, nantinya akan ada 2 klub terbawah di setiap grup pada papan klasemen akhir Babak Play Off Degradasi, sehingga akan ada 8 klub yang harus turun kasta ke Liga 3 Indonesia. (kha)