7.236 Keluarga di Pekanbaru Dapat BPNT Tahap I dari Kemensos

7.236 Keluarga di Pekanbaru Dapat BPNT Tahap I dari Kemensos
Keluarga penerima manfaat bantuan pangan Non Tunai. (Foto: pekanbaru.go.id)

WARTASULUH.COM, PEKANBARU - Sebanyak 7.236 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial RI mulai disalurkan. BPNT tahap pertama tahun 2022 mulai disalurkan lewat PT Pos Indonesia sejak 20 Februari lalu.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru, Dr H Idrus MAg mengatakan, BPNT tahap pertama ini cair untuk tiga bulan mulai Januari hingga Maret 2022.

"Alhamdulillan bantuan sembako (BPNT) akan cair tiga bulan sekaligus, satu bulan-nya mendapatkan Rp 200 ribu per KPM. Jadi, satu KPM akan menerima Rp 600 ribu," terang Idrus, Rabu (23/2/2022).

Ia memaparkan, penyaluran BPNT dilakukan melalui tiga metode, yakni disalurkan secara langsung oleh petugas Pos ke rumah KPM (door to door), pembayaran melalui komunitas, dan pembayaran melalui Kantor Pos.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kota Pekanbaru juga akan berkontribusi dalam penyaluran BPNT kali ini. Dijelaskan Idrus, kinerja TKSK dalam memfasilitasi PT. Pos Pekanbaru akan berdampak kepada percepatan penyaluran BPNT kali ini.

"Kita akan instruksikan TKSK untuk memfasilitasi pihak Pos dalam menemukan penerima bantuan, harapan kami tentunya bantuan ini bisa dimanfaatkan masyarakat se-maksimal mungkin," ucapnya.

Idrus juga mengimbau kepada para KPM, agar menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dalam pengambilan dana bantuan sembako ini. (Les)